Minggu, 02 September 2012

Cara membuat Hyperlink pada dokumen ms word

Saat membuat dokumen kita bisa memberikan daftar website atau halaman yang bisa di akses oleh pembaca. Pembaca tinggal menuju pada link yang kita berikan bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang informasi yang kita berikan. Misalkan memberitahu pembaca tentang bahwa dokumen kita menggunakan  sebagai salah satu referensi , atau mungkin meminta pembaca untuk langsung menuju ke TKP.

a. Menggunakan Autoformat

Cara ini merupakan cara “standar” di microsoft word. Anda tinggal mengetikkan alamat website yang ingin anda tuju lalu Microsoft Word akan otomatis mengubahnya menjadi hyperlink. Syaratnya anda harus mengetik alamat dimulai dengan www, http, ftp, https dan lain sebagainya.

b. Menggunakan cara manual

Untuk membuat link seperti : Cara Membuat Hyperlink pada dokumen Microsoft Word maka caranya seperti ini:
  1. Pilih / blok teks yang akan dibuat tautan atau hyperlink. Misalkan teks Cara Membuat Hyperlink pada dokumen Microsoft Word. Atau bila anda masih bingung, anda bisa ketikkan nanti.
  2. Selanjutnya klik menu ribbon Insert
  3. Pada grup Links pilih / klik tombol Hyperlink untuk memunculkan dialog Insert Hyperlink
  4. Gambar: Cara mengakses dan menggunakan tombol hyperlink di ribbon insert  Microsoft Word
  5. Pada Kotak Text to display yanda ada pada dialog Insert Hyperlink akan muncul teks yang sudah anda blok tadi. Bila anda tadi tidak membuat blok teks terlebih dahulu maka yang kotak Text to display akan kosong, jadi isikan kotak tersebut dengan teks yang ingin anda tampilkan.
  6. Selanjutnya, pada panel sebelah kiri pastikan bahwa pada daftar Link To item yang dipilih pada adalah Existing File or Web Page.
  7. Kemudian isikan alamat atau address dari link yang akan dituju atau dibuka bila pembaca melakukan klik terhadap teks yang anda berikan link tersebut. Misalkan diisi dengan www.aimyaya.com
  8. Klik Tombol OK untuk menyimpan konfigurasi hyperlink.
  9. Teks dengan link yang anda buat kini telah tampil di dalam halaman.
Gambar: Cara menyisipkan atau menambah sebuah hyperlink di dalam dokumen Microsoft Word menggunakan dialog Insert Hyperlink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar